APLIKASI FUNGSI DAN KURVA PERMINTAAN

Download Materi Kuliah Lengkap

Assalamu'alaikum wr.wb
Salam sejahtera bagi kita semua
     Kembali hadir. Saya Much. Nasih Amin dalam kajian mata kuliah matematika ekonomi. (Seperti mc red..). Yang saya share dipostingan ini adalah matematika ekonomi yang berjudul "Aplikasi Fungsi dan kurva permintaan". Langsung saja kita masuk pada pembahasannya.
     Pada makul ekonomi mikro telah dijelaskan bahwa permintaan adalah berbagai jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga. Dengan hukum yang berbunyi,"jika harga naik, maka permintaan menurun. Dan jika harga turun, maka permintaan akan naik". Contohnya seperti pada gambar kurva 4.1. Dimana ketika variabel harga dititik P2 dan variabel kuantitas permintaan berada dititik X2 . Ketika variabel harga berada dititik Po, maka variabel kuantitas permintaan berada di Xo. Dan ketika variabel harga berada dititik P1, maka variabel kuantitas permintaan berada dititik P1. Artinya bahwa ketika variabel harga dan variabel kuantitas permintaan berada dititik Po dan Xo barubah menjadi P2 dan X2 berarti variabel harga naik dan variabel permintaan turun . Dan ketika Po dan Xo menjadi P1 dan X1, berarti variabel harga turun dan variabel permintaan meningkat. Hubungan antara variabel harga dan variabel kuantitas tersebut dapat dinyatakan dalam suatu formula yang disebut fungsi permintaan. Sedangkan fungsi permintaan sendiri adalah hubungan antara variabel yang menentukan/mempengaruhi jumlah yang diminta. Dengan istilah variabel harga yang biasa disebut dengan independent variabel dan variabel jumlah yang diminta yang sering disebut dengan dependent variabel. Hubungan kedua variabel tersebut dinyatakan dengan X sebagai fungsi P atau X=f(P) dimana X adalah variabel kuantitas dan P adalah variabel harga.
    Dalam fungsi permintaan, variabel yang menentukan (independent variable) tidak selamanya satu (harga barang) tapi  terkadang lebih dari satu (disamping harga barang ada juga harga dan jumlah barang subtitusi. Hubungan variabel-variabel tersebut dinyatakan sebagai X1=f(X2,X3,X3,....) dimana X1 adalah variabel kuantitas atau jumlah barang yang diminta dan X2 adalah variabel harga barang tersebut, X3 adalah kuantitas atau jumlah barang substitusi yang diminta, X4 adalah harga barang substitusi tersebut dan demikian seterusnya.
     Pola hubungan variabel jumlah yang diminta dengan variabel harga, dapat berbentuk garis lurus (fungsi linear), garis tidak lurus (fungsi nonlinear) antara lain fungsi kuadrat , fungsi pecah, dan fungsi eksponensial.
     Demikian yang bisa saya sampaikan. Tak ada yang sempurna didunia ini kecuali Sang Kholiq. Atas segala kekuangannya mohon maaf dan sampai jumpa :)
Wassalamu'alaikum wr.wb

Download Materi Kuliah Lengkap

0 komentar:

Post a Comment